Pages

Sabtu, 08 Desember 2012

Setting Modem Agar Mendapat Sinyal HSDPA



Biasanya saat kita online menggunakan modem, pernah gak sih memperhatikan sinyal yang didapatkan si modem...?? Walaupun area dimana kita sedang online masuk ke dalam jaringan 3G namun tak jarang sinyal yang didapat adalah sinyal EDGE. Kenapa begitu...???

Sinyal yang tadinya mendapatkan jaringan HSDPA lalu kemudian turun menjadi EDGE disebabkan karena modem hanya mencari sinyal terkuat saja. Jadi apapun operatornya bila sinyal HSDPA / 3G tidak lebih kuat dari EDGE maka modem memakai sinyal yang terkuat yaitu sinyal EDGE.

Sebagai perbandingan, koneksi internet kita akan terasa lebih cepat walaupun sinyal yang diperoleh hanya setengah dari sinyal 3G/HSDPA/WCDMA dibandingkan dengan saat kita mendapatkan sinyal penuh EDGE.

Nah, cara agar si modem bisa mendapatkan sinyal HSDPA minimal WCDMA secara terus menerus maka kita bisa menggunakan sedikit trik, yaitu memaksa si modem untuk mengabaikan sinyal EDGE dan memakai sinyal HSDPA atau WCDMA. Berikut caranya :

  • Sebelumnya colokkan dulu modemnya ke PC dan jangan dikoneksikan terlebih dahulu, apabila sudah terlanjur terkoneksi maka sebaiknya koneksinya diputus terlebih dahulu
  • Pada aplikasi modem klik menu Tools lalu pilih Options
  • Setelah muncul halaman baru pilih menu Network di sisi sebelah kiri.
  • Pada tab Network Type, ubah pilihan Network Type menjadi 3G only atauHSDPA only atau WCDMA only (pilihan tergantung pada masing masing modem) lalu klik tombol Apply lalu OK. 

    Setelah melakukan perubahan tersebut kita bisa mengamati perbedaan sinyal yang didapatkan modem. Apabila posisi kita berada masuk dalam jaringan 3G maka kita akan mendapatkan sinyal HSDPA. 

    0 komentar:

    Posting Komentar